Di Balik Pohon Duras yang Menyimpan Misteri di Pok Tunggal

pantai-pok-tunggalBicara soal wisata pantai di Indonesia sangat banyak banget. Di Pulau Bali yang termasuk pulau kecil di Indonesia punya banyak pantai yang sangat indah dan mempesona. Apalagi pulau Jawa yang membentang dari Barat Ke Timur yang terkenal dengan pesisir selatan yang sangat memukau. Menjadi tujuan wisatawan yang suka banget dengan keindahan alam pesisir pulau Jawa.

Yang paling mencuri perhatian adalah deretan pantai yang terdapat di Yogyakarta yaitu Pantai Pok Tunggal. Pantai Pok Tunggal terdapat di kabupaten Gunungkidul yang bisa di tempuh dari kota Yogyakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan. Kenapa di sebut Pok Tunggal karena di pantai ini terdapat satu batang pohon Duras yang merupakan pohon yang di kramatkan.

Terlepas dari cerita mistis yang beredar di kalangan masyarakat pesisir Pok Tunggal terrdapat pesona pasir putih yang sangat menawan. Berdiri payung berjajar yang di sewakan untuk pengunjung yang menginginkan berteduh dari terik sinar matahari. Karna hanya ada satu pohon Duras yang ada kursi di bawahnya, namun kamu tidak bisa berteduh di sana karna sudah pasti banyak yang antri untuk beerfoto di bawah pohon tunggal tersebut.

Dengan terik matahari siang yang cukup panas karna Gunungkidul merupakan pegunungan batu kapur. Meski matahari sangat terik kamu gak perlu khawatir karna terik akan berkurang seiring angin yang tertiup dari laut. Deburan ombak yang sangat bersahabat dan memanjakan mata seakan mengikuti alur gelombang yang saling berkejaran.

Suahsana semakin terasa semakin indah saat matahari perlahan turun ke arah barat. Waktu yang di tunggu-tunggu banyak orang adalah moment-moment matahari tenggelam. Udara yang menjadi dingin yang sangat khas dengan aroma air lau yang semakin tercium. Membuat siapa saja tak ingin melewatkan moment indah ini. Langit yang berubah warna menjadi kuning keemasan membuat kamu tak ingin beranjak dari Pantai Pok Tunggal sampai matahari tak terlihat. Bahkan masih menyisakan langit senja yang sangat menawan untuk di lihat.

Dan ternyata hari sudah mulai gelap. Kalau kamu mau bikin camp di Pok Tunggal merupakan tempat yang cocok buat kamu. Karna pagi harinya kamu akan di sambut dengan mentari pagi yang bersinar menghiasi langit pagi pantai Pok Tunggal. Kamu harus pandai memilih waktu saat camping di pantai Pok Tunggal. Pada dasrnya semua waktu bisa aslkan jangan pas musim hujan sudah pasti kamu tidak bisa melihat sunset ataupun sunrise karna karna akan terhalang mendung.

Kalau kamu pengen wisata yang tidak terhalang cuaca kamu bisa mampir di Goa Pindul. Baik musim hujan maupun musim kemarau tetap buka. Karena wisata air di goa pindul relatif aman dan asyik untuk di kunjungi. Berbeda dengan di pantai Pok Tunggal yang harus menyesuaikan dengan cuaca yang tepat.  Di pantai Pok Tunggal sudah terdapat persewaan tenda buat kamu yang minat camping di sana. Sudah terdapat area parkir yang di jaga oleh petugas parkir dengan aman. Terdapat juga kamar mandi, dan tempat makan buat kamu yang lupa bawa bekal dari rumah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s